Tips-mengajari-anak-menggunakan-teknologi-dengan-bijak

Sep 09, 2021 Teknologi

Tips mengajari anak menggunakan teknologi dengan bijak

Mainkan terus gamenya!!! “Banyak orang tua seperti banyak yang mengeluh karena anaknya kecanduan alat bermain di masa pandemi COVID-19. Bahkan, ada beberapa orang tua yang langsung mendorong kelas tatap muka agar anaknya tidak terus bermain! Tidak dapat dipungkiri bahwa teknologi memiliki dampak positif dan negatif bagi anak-anak. Oleh karena itu, sebagai orang tua, kita perlu mengetahui tips bagaimana anak dapat dididik untuk menggunakan teknologi dengan bijak.

Tips-mengajari-anak-menggunakan-teknologi-dengan-bijak

Anda perlu memahami tidak hanya efek negatif, tetapi juga efek positif dari penggunaan

teknologi. Indonesia, misalnya, membutuhkan 9 juta ahli IT dalam 15 tahun ke depan. Jika anak Anda sudah menyukai gadget sejak kecil, maka ada hal positif yang bisa Anda tunjukkan kepada mereka. Bukan tidak mungkin, apa yang disukainya bisa menjadi profesi yang sangat menjanjikan di masa depan, bukan?

Apa saja tips mendidik anak menggunakan teknologi dengan bijak? Yuk, simak tips dari kami berikut ini.

Latihan untuk memilih konten yang bagus

Jika seorang anak kecanduan game atau media sosial, bukan berarti anak itu 100% salah. Namun, ada kemungkinan Anda tidak akan memberikan bantuan apa pun, sehingga mereka terjebak dalam konten yang kurang positif. Anda tidak dapat mengharapkan anak-anak untuk memahami sendiri konten apa yang baik dan apa yang tidak.

Jangan biarkan anak Anda menggunakan teknologi digital secara bebas karena Anda tidak memahami teknologi. Juga, Anda sebenarnya melarang penggunaan teknologi. Saat menggunakan teknologi, Anda perlu secara aktif membimbing anak Anda dan mengajari mereka untuk memilih konten yang positif.

Buatlah kesepakatan untuk keduanya untuk berlatih disiplin

Anda juga perlu melatih kedisiplinan anak Anda untuk menggunakan waktunya untuk “bermain” dengan teknologi. Tidak harus otoriter dengan melarang ini dan itu, Anda bisa mengajak anak berdebat. Diskusikan berapa lama anak-anak dapat menggunakan teknologi dan tanyakan tentang kebutuhan mereka.

Jika Anda harus membatasi diri, beri tahu anak Anda alasannya. Dengan melibatkan anak dalam pengambilan keputusan, anak akan merasa bahwa pendapatnya didengar, dan tidak hanya diatur. Anda juga harus menentukan konsekuensi jika Anda melanggar perjanjian ini.

Berikut adalah beberapa tips tentang cara mengajar anak-anak untuk menggunakan teknologi dengan bijak. Anak-anak dapat dibandingkan dengan senjata. Dia akan baik dan buruk tergantung bagaimana orang tuanya membesarkannya. Jadi luangkan waktu untuk bergabung dengan anak Anda dan mengobrol dengan mereka. Dengan begitu, anak-anak dapat menggunakan teknologi dengan lebih bijak.

LIHAT JUGA :

https://liga-indonesia.id/nomor-bot-stiker-wa/
https://jurubicara.id/alat-mitra-higgs-domino/
https://jurubicara.id/vive-le-football-apk/
https://jurubicara.id/mutualan-telegram/
https://jurubicara.id/dls-2021-mod-apk/
https://jurubicara.id/whatsapp-aero/
https://www.chip.co.id/alat-mitra-higgs-domino/
https://www.chip.co.id/lightroom-mod-apk/
https://www.chip.co.id/codashop-pro-apk/
https://www.chip.co.id/among-us-mod-apk/
https://www.chip.co.id/pubg-mobile-mod-apk/
https://www.chip.co.id/whatsapp-aero/
https://www.chip.co.id/ssstiktok/
https://psyline.id/ff-max-apk/
https://psyline.id/aplikasi-penghasil-saldo-dana/
https://www.i4startup.id/setvsel-apk/
https://t.me/belajarngeblogbareng/45
https://kricom.id/alat-mitra-higgs-domino/
https://kricom.id/ff-max-apk/
https://jurubicara.id/instander-apk/