Rotasi-bumi-definisi-proses-dan-dampak

Apr 11, 2021 Pendidikan

Rotasi bumi: definisi, proses dan dampak

Pahami rotasi bumi
Buka baca cepat

Perputaran bumi adalah gerak perputaran bumi mengelilingi porosnya (axis). Pergerakan rotasi ini menyebabkan daerah tersebut bergerak cepat di sepanjang ekuator, sementara hampir tidak mengalami pergerakan apapun di daerah kutub. Bumi yang hampir bulat berubah bentuk karena gerakannya yang berputar. Perubahan ini merupakan pembentukan daerah yang sedikit dipercepat di kedua kutub dan seolah-olah sebagian massa bumi telah bertabrakan di daerah ekuator. Rotasi bumi dari barat ke timur. Jika dilihat dari Kutub Utara, rotasi Bumi berlawanan arah jarum jam, sedangkan jika dilihat dari Kutub Selatan, rotasi Bumi searah jarum jam. Sumbu (axis) bumi merupakan garis imajiner yang menunjukkan sumbu perputaran bumi melalui kutub utara dan kutub selatan. Proses rotasi bumi tidak tegak lurus, melainkan miring 23,5 derajat dari garis vertikal. Waktu rotasi bumi dalam satu revolusi adalah 23 jam 56 menit.

Proses rotasi bumi

Rotasi-bumi-definisi-proses-dan-dampak

Rotasi bumi terjadi karena sisa momentum gerak yang dihasilkan oleh nebula matahari atau tempat terbentuknya semua planet dan matahari. Ada banyak teori yang menyatakan bahwa perputaran bumi terkait erat dengan pembentukan benda-benda angkasa seperti bintang, matahari, dan berbagai planet lain. Sebagian besar percaya bahwa pembentukan berbagai benda langit terjadi karena gesekan dan rotasi. Putaran yang sebelumnya disebut rotasi.
Baca lebih lanjut: Aqidah adalah

Pengaruh rotasi bumi

1. Bergantian antara siang dan malam

Bentuk bumi bulat seperti bola dan berputar mengelilingi porosnya mengelilingi matahari, permukaan bumi berputar ke arah matahari, dan bagian yang menghadap matahari biasa disebut siang hari, berlangsung selama 12 jam dan bagian yang tidak terkena sinar matahari. terang, biasa disebut malam. dan pada siang hari malam berlangsung selama 12 jam.
2. Perubahan arah angin

Selain itu, rotasi bumi menyebabkan terjadinya perubahan arah angin. Angin perdagangan dari utara (300 lintang utara) secara otomatis berbelok ke kanan, sebaliknya angin dari selatan (300 lintang selatan) berbelok ke kiri. Perubahan arah angin yang terjadi akibat perputaran bumi dapat membahayakan manusia. Salah satunya terganggunya aktivitas penerbangan.

3. Munculnya gerakan semu harian matahari

Pergerakan semu harian matahari adalah seperti matahari yang bergerak mengelilingi bumi. sebenarnya bumi bergerak mengelilingi matahari pada porosnya. Hal ini mengakibatkan matahari terbit dari timur di pagi hari dan terbenam di atas kepala kita di sore hari dan di barat di sore hari.

4. Terjadinya perbedaan waktu

Perputaran bumi tidak hanya menyebabkan perubahan dari siang ke malam, tetapi juga perbedaan waktu. Ada 24 zona waktu di bumi. Pusat waktunya sendiri berada di kota Greenwich yang berada di garis bujur 0⁰. Setiap 15⁰ perbedaan lamanya perbedaan waktu adalah satu jam. Sebagian dunia di sebelah timur Greenwich memiliki penjualan lebih cepat daripada Greenwich, sementara sebagian dunia di sebelah barat Greenwich memiliki penjualan yang lebih lambat.
Baca lebih lanjut: Aurora Is

5. Terjadinya pengalihan arus laut

Di belahan bumi selatan, arah arus laut berputar berlawanan arah jarum jam, sedangkan di belahan bumi utara arah angin dan arus laut berputar berlawanan arah jarum jam. Ini terjadi karena rotasi bumi dan biasa disebut sebagai efek Coriolis.

Perbedaan ketebalan atmosfer
Perbedaan percepatan karena gravitasi
Bentuk bumi menjadi spheroid-spheroid
Bisakah satelit bekerja
Arah perubahan bandul (efek Faucault)
Ada jet lag saat kita naik pesawat

6. Pembagian waktu dunia

Untuk tempat atau area yang tidak berada di garis meridian, tentunya Anda punya waktu lain. Tempat yang tidak berada pada garis meridian memiliki waktu yang berbeda. Akibat perputaran bumi dari barat ke timur. Misalnya daerah di sebelah kanan bumi akan mengalami siang hari sebelum daerah sebelah kiri bumi. Berdasarkan perbedaan waktu yang terjadi, para ahli menentukan bahwa patokan untuk perbedaan waktu atau pusatnya berada di Greenwich yang tidak memiliki derajat meridian. Dengan pembagian waktu GMT, kita dapat lebih mudah menentukan waktu yang telah terjadi.
7. Pergantian musim

Seperti yang kita ketahui sebelumnya, bumi itu bulat dan bumi berputar pada porosnya. Setiap area di permukaan bumi berada pada jarak yang berbeda dari matahari. Terjadinya perbedaan musim antar daerah merupakan hasil perputaran terakhir bumi. Daerah yang paling dekat dengan matahari (ekuator) di iklim tropis akan mengalami musim hujan

 

LIHAT JUGA:

 

https://memphisthemusical.com/
https://officialjimbreuer.com/
https://timeisillmatic.com/
https://votizen.com/
https://boutiquevestibule.com/
https://ariatemplates.com/
https://worldbeforeher.com/
https://thinknext.net/
https://bootb.com/
https://excite.co.id/