pengertian-hidrosfer

Apr 28, 2021 Pendidikan

Hidrosfer: Pengertian dan Fungsinya

Definisi hidrosfer

pengertian-hidrosfer

Hidrosfer adalah lapisan air yang menutupi kerak bumi karena bersifat cair. Hidrosfer ini berasal dari kata hydro yang artinya air, dan shaire yang artinya lapisan.

Permukaan bumi yang tertutup air. Lapisan yang menutupi permukaan bumi disebut hidrosfer. Sehingga dapat dikatakan bahwa hidrosfer ini merupakan lapisan air yang menjadi sumber utama kehidupan manusia.

Lapisan ini selalu menutupi permukaan bumi dan berbentuk sungai, danau, rawa, awan dan uap air, sehingga jumlahnya di bumi relatif konstan.

Cabang hidrosfer

Hidrosfer ini memiliki beberapa cabang ilmu yaitu sebagai berikut:

  • Potamologi, ilmu yang mempelajari tentang air yang mengalir di permukaan bumi dan di sungai
  • Limnologi, yaitu ilmu yang mempelajari tentang air yang menggenang di permukaan bumi dan danau.
  • Geohidrologi, yaitu ilmu yang mempelajari tentang air yang berada di bawah tanah dan di bawah tanah.
  • Kriologi adalah studi tentang salju dan es.
  • Hydrometeorologi, yaitu ilmu yang mempelajari tentang faktor meteorologi.

Siklus hidrosfer

Ada beberapa kategori Siklus Hidrophere, yaitu pendek, sedang dan panjang. Di bawah ini kami akan menjelaskan setiap siklus.

A. Siklus panjang

Siklus panjang ini merupakan salah satu syarat uap air dari laut terbawa angin ke daratan sehingga menyebabkan kondensasi membeku pada ketinggian tertentu.

Ini berisi kristal dan bentuk awan yang membuat hujan di pegunungan saat bumi mengalir dalam bentuk gletser dan kembali ke lautan.

  • Siklus ini terjadi ketika suatu badan air (air laut, air sungai dan air danau) menguap → kemudian membentuk uap → uap air kemudian mengumpul semakin banyak di udara → kemudian uap air tersebut jenuh → kemudian terjadi kondensasi menjadi a kristal awan es → kemudian awan didorong ke pegunungan → kemudian awan jatuh dalam bentuk hujan / es / salju di lereng gunung → es yang mencair kemudian terserap ke dalam tanah → kemudian kembali ke air

B. Siklus pendek

Siklus pendek ini merupakan salah satu kondisi di mana air laut terkena radiasi matahari sehingga menguap menjadi gas dan kemudian mengembun di darat membentuk awan dari permukaan laut.

  • Air laut mengalami penguapan (evaporasi) → kemudian kondensasi → kemudian terbentuk awan → kemudian hujan di atas laut → kemudian air tersebut kembali ke air laut, yang mengalami penguapan kembali.

C. Siklus sedang

Siklus tengah ini merupakan salah satu kondisi uap air yang tercipta akibat tekanan air laut yang dihembuskan ke darat oleh angin, membentuk seperti awan saat hujan mengalir melalui sungai untuk kembali ke laut.

  • Siklus ini terjadi ketika badan air (air laut, sungai dan danau menuju daratan) menguap → uap kemudian terbentuk → kemudian uap air semakin terkumpul di udara → kemudian uap air menjadi jenuh → kemudian mengalami kondensasi → kemudian menjadi hujan → air hujan yang jatuh di darat → kemudian air ini bergerak menuju badan air.

Jenis hidrosfer

Terlihat dari beberapa penjelasan di atas bahwa terdapat perbedaan jenis hidrosfer yang dapat dibedakan menjadi tiga bagian yaitu:

  • air sungai
    Air sungai ini merupakan air tawar yang selalu mengalir pada suatu titik yang sumbernya mengalir ke muara sungai di laut, sehingga air sungai yang berasal dari limpasan sumber airtanah lebih besar. Secara umum air sungai ini bisa atau bisa lebih banyak karena disebut anak sungai dan wadi. Saat hujan, hal itu disebabkan karena sebagian besar merembes ke dalam tanah dari permukaan laut kembali ke atmosfer.
  • Air laut
    Air laut ini adalah air asin yang berasal dari permukaan bumi berupa air asin dan menutupi seluruh air yang ada di laut.
  • Perairan pedalaman
    Hidrosfer pedalaman ini merupakan air tawar yang berasal dari tanah dangkal di permukaan bumi dan juga dari berbagai badan air di sungai atau danau.

Secara garis besar, perairan tersebut terbagi menjadi dua bagian yaitu perairan darat dan perairan laut.

Perairan pedalaman

Apakah semua badan air yang terjadi dan berada di darat. Jenis perairan pedalaman antara lain sebagai berikut:

  • mengalir
    Ini terbentuk dari air hujan yang jatuh ke permukaan tanah, terutama membentuk limpasan permukaan. Arus permukaan ini mengalir ke titik yang lebih rendah ini dalam parit, parit, dan anak sungai. Sungai mengalir dengan kemiringan yang berbeda. Di daerah hulu sungai lebih curam, sedangkan di hilir sungai dangkal dan berkelok-kelok.
  • danau
    Sebuah cekungan besar di permukaan bumi yang berisi air dan tercipta dari proses tektonik atau vulkanik. Air danau bisa berasal dari air sungai, air tanah, air hujan, atau mata air yang mengalir ke cekungan. Karena kejadiannya, danau ini terbagi menjadi dua danau yaitu danau alami dan danau buatan.
  • Air tanah
    Ini adalah air yang berada di area jenuh di bawah permukaan tanah. 97% air tawar terdiri dari air tanah. Air tanah ini mungkin atau dapat ditemukan di bawah gurun yang sangat gersang atau di bawah tanah yang tertutup oleh lapisan salju.
  • rawa
    merupakan lahan lembab yang sering tergenang air karena lokasinya yang relatif rendah. Rawa ini biasanya ditumbuhi tanaman lunak atau rerumputan. Jenis rawa ada dua yaitu rawa pedalaman yang mengandung air tawar dan rawa akibat pasang naik dan air surut yang mengandung air asin.

Air laut

Merupakan luas permukaan bumi yang tertutup oleh air asin. Memiliki beberapa peran sebagai pemasok air di dunia dan juga merupakan elemen penting dalam siklus air. Contohnya seperti: pantai dan pantai.

  • Pesisir
    Ini adalah permukaan bumi yang berada di antara pasang naik dan surut. Itu juga merupakan bagian dari wilayah yang menandai batas wilayah antara laut dan darat. Pantai ini dapat atau dapat diklasifikasikan sebagai berikut:
    8888 Coastal Plain, merupakan wilayah pesisir yang mengalami pengangkatan yang semula terjadi di bawah laut.
  • Pesisir aluvial datar terbentuk dari pengendapan aluvium dari daratan dan ditandai dengan kemiringan lereng.
    Pesisir Pulau Barrier, yaitu wilayah pesisir dengan perairan lepas pantai dangkal yang
  • dipisahkan dari lautan oleh pulau penghalang.

Pantai

Inilah batas darat dengan laut yang nampaknya merupakan garis pantai, terdiri dari pasir dan terletak di wilayah pesisir laut. Berbagai jenis pantai yang dapat ditemukan:
Pantainya landai, merupakan pantai yang terlihat hampir datar dengan permukaan laut.
Pantai terjal, pantai yang memiliki bentuk terjal karena keberadaan pegunungan dengan lereng terjal yang membentang di sepanjang pantai dan menghadap ke laut.
Coral Beach, pantai yang tercipta dari erosi oleh arus laut

Pantai mangrove, pantai yang ditumbuhi hutan mangrove, banyak terdapat di daerah tropis dan memiliki banyak lumpur. Mereka juga sering tergenang air, terutama saat air pasang.

Elemen hidrosfer

Unsur-unsur yang terdapat pada hidrosfer ini berdasarkan sumber siklus airnya dibedakan menjadi beberapa jenis sebagai berikut:

  • Unsur angin: Ini adalah sumber yang menentukan suhu udara atau keadaan uap air di suatu tempat.
  • Awan unsur: Merupakan kumpulan dari beberapa sumber air atau es dalam jumlah yang sangat besar atau sebagai bagian dari inti kondensasi tanah.
  • Unsur air dan tanah: Merupakan pergerakan air di dalam tanah sehingga memiliki beberapa lapisan mata air batupasir dengan lapisan akuifer.
  • Unsur penguapan: Merupakan unsur yang dihasilkan dari peristiwa atau terjadinya konversi air menjadi uap permukaan tanah
  • Elemen evapotranspirasi: Merupakan gabungan dari beberapa sumber penguapan dari air dan tumbuhan ke permukaan bumi kemudian merembes ke dalam tanah.
  • Kondensasi: Ini adalah proses mengubah uap air menjadi mendinginkan atmosfer.
    Unsur pengendapan: Bentuk cairan yang berasal dari atmosfer di permukaan bumi.
  • Elemen drainase: Ini adalah gerakan air yang merembes ke tanah di tempat-tempat tertentu
  • Elemen air: ini adalah bagian air yang dapat berasal dari berbagai sumber, mis. B. dari sungai, rawa, danau, waduk, dll.

Contoh hidrosfer

Secara umum hidrosfer ini memiliki beberapa lapisan yang diartikan sebagai lapisan air yang menempel di permukaan bumi:

  • Laut: Ini adalah salah satu elemen terbesar di perairan planet bumi, yaitu sebagai air asin di lautan.
  • Air tawar: Air tawar ini memiliki jumlah yang jauh lebih kecil dibandingkan air asin karena memiliki lokasi yang berbeda.
  • Air permukaan: Sumber air permukaan termasuk danau, sungai, dan saluran air tanah.
  • Air Tanah: Air tawar merupakan sebagian kecil dari air tawar yang ditemukan di bumi.
  • Air gletser: air yang mencair dari gletser di permukaan bumi.

Demikian penjelasan pengertian Hidrosfer, Unsur, Jenis, Siklus, Cabang, dan Contoh, semoga yang diuraikan dapat bermanfaat bagi anda.

Sumber :