pengertian-gopher

Apr 26, 2021 Pendidikan

Gopher : Pengertian, Fungsi, Cara Kerja dan Penjelasannya

Apa itu gopher?

pengertian-gopher

Gopher adalah aplikasi perangkat lunak yang berisi menu sistem temu kembali informasi. Pendapat lain adalah Ghoper merupakan aplikasi perangkat lunak yang terdiri dari menu-menu untuk sistem temu kembali informasi. Situs yang menggunakan layanan atau protokol Gopher sebenarnya merupakan menu yang menyajikan informasi dan data yang ada.

Pada dasarnya menu di sini dimaksudkan sebagai daftar isi yang akan diproses dan informasi tertentu untuk ditampilkan. Layanan Gopher ini menggunakan FTP untuk bertukar file dan Telnet (Tele Networking) pada koneksi server tertentu. Meskipun layanan gopher ini jarang digunakan saat ini, masih ada beberapa grup kecil server yang masih aktif.

Protokol Gopher memiliki beberapa fitur terbaik tetapi tidak didukung oleh Native Web. Namun, gopher ini menggunakan hierarki yang lebih kuat dalam informasi yang dikandungnya.

Gopher memiliki sistem menu paling dasar yang menyediakan konektivitas yang menghubungkan antar file di komputer di Internet. File juga terlihat seperti direktori serial di menu Gopher, meskipun file yang ditampilkan sebenarnya ada di komputer yang berbeda.

Selain itu, Gopher juga menyediakan akses ke dokumen teks karena suara dan grafik digital hanya dapat dimasukkan ke dalam dokumen, yang pertama kali diunduh ke komputer lokal. Setelah itu, Anda dapat menontonnya seperti program lainnya. Gopher juga memungkinkan pengguna untuk mengakses fasilitas lain di Internet, seperti: B. Telnet untuk memudahkan komunikasi jarak jauh.

Fungsi Gopher

Dengan aplikasi Gopher ini, pengguna tidak perlu mengetahui alamat tertentu di komputer yang digunakan. Aplikasi Gopher sendiri adalah sebuah sistem yang memungkinkan pengguna atau pengguna untuk mengakses situs web manapun yang ada.

Selain itu, Gopher merupakan sistem otomatis yang memungkinkan pemakai atau pemakai mengakses berbagai informasi yang terdapat dalam suatu hirarki.

Bagaimana Gopher Bekerja

Protokol Gopher bekerja pada dokumen atau data berdasarkan teks atau basis teks. Bagaimanapun, komputer ini harus terlebih dahulu dihubungkan ke server Gopher melalui koneksi Internet dan kemudian menyimpan informasi dan data. Protokol gopher yang lama dan terlalu rumit itulah yang terkadang menyebabkan orang meninggalkan layanan. Pengembangan protokol gopher dilakukan oleh beberapa mahasiswa di University of Minnesota, AS.

Yang dimaksud dengan Gopher Protocol sendiri adalah protokol penerbitan informasi berbasis karakter yang dapat digunakan untuk mengakses teks pengguna atau pengguna harus menggunakan hierarki menu. Tampilan di sistem Gopher juga hampir sama dengan di Telnet.

Contoh protokol Gopher dapat ditemukan di sejumlah perangkat, seperti: B. modem dan router. Perbedaan antara Gopher dan web terletak pada penggunaan port. Port 80 biasanya digunakan di web dan gambar juga dapat ditampilkan. Gopher menggunakan port 70 dan hanya dapat menampilkan teks.

Keuntungan dan kerugian dari gopher

Tentunya setelah kita memahami arti, fungsi dan cara kerja gopher, kita juga perlu mengetahui kelebihan dan kekurangan gopher. Di bawah ini adalah kelebihan dan kekurangan gopher sebagai berikut:

Kekuatan Gopher

  • Pengguna ini tidak perlu mengetahui alamat khusus di komputer yang digunakan.
  • Ini dapat dengan mudah mengakses informasi berdasarkan hierarki
  • Sistem menu di Gopher sangat sederhana namun interaktif
  • Bekerja sama dengan Gopher Indonesia akan meningkatkan lalu lintas di situs web untuk bisnis online. Dan tentunya hal ini akan berdampak positif bagi kelancaran bisnis.
  • Target iklan yang dipasang jauh lebih bertarget
  • Dapat memperluas pemasaran ke perusahaan atau pelaku usaha manapun.

Kurangnya gopher

  • Fasilitas di Gopher hanya dapat mengakses informasi berupa teks. Sehingga tidak bisa dilihat dalam bentuk multimedia.
  • Tampilannya juga tidak terlalu menarik, tidak seperti yang ada di www.
  • Hanya orang tertentu dengan pengetahuan yang memadai yang dapat mengaksesnya.

Sekian, dan terima kasih telah membaca tentang pengertian Gopher, fiturnya, cara kerjanya, dan manfaatnya. Semoga apa yang dijelaskan semoga bermanfaat untuk anda.

Sumber :