Paragraf-analogi-definisi-karakteristik-tujuan-jenis-contoh

Apr 09, 2021 Pendidikan

Paragraf analogi: definisi, karakteristik, tujuan, jenis, contoh

Pahami paragraf analogi
Buka baca cepat

Paragraf analogi adalah paragraf yang mendeskripsikan suatu objek dengan cara menyamakannya dengan objek lain yang memiliki kesamaan. Paragraf analogi juga dikenal sebagai paragraf yang membandingkan dua hal yang mirip atau hampir mirip satu sama lain. Ini diselesaikan di akhir paragraf.
Fitur paragraf analogi

Paragraf-analogi-definisi-karakteristik-tujuan-jenis-contoh
Berikut adalah fitur Paragraf Analogi, termasuk yang berikut ini:

Paragraf ini membandingkan dua hal yang sama pentingnya. Hal-hal yang dapat dibandingkan dapat berupa objek, peristiwa, keadaan, atau proses.
Kalimat penjelas dalam paragraf analogi sebagian besar merupakan persamaan yang dimiliki oleh dua hal yang dianggap sama.
Paragraf analogi memuat klausa utama, yang terletak di bagian akhir peragraf atau disebut juga penutup, yang menjelaskan gagasan awal yang dikemukakan.

tujuan

Tujuan dari paragraf analogi adalah sebagai berikut:

Buat persamaan dari dua hal yang berbeda
Memperbaiki bug dalam masalah
Buatlah klasifikasi
Sederhanakan hal-hal yang sulit agar mudah dipahami (terutama bagi orang awam).

Baca lebih lanjut: Definisi Keterlibatan Profesional
Jenis paragraf analogi
1. Deklaratif

Deklaratif adalah sejenis analogi paragraf penjelasan. Seperti namanya, digunakan untuk menjelaskan, menjelaskan atau mengkonfirmasi suatu hal / bentuk / objek yang belum diketahui sebagian besar orang dengan hal / bentuk / objek yang sudah diketahui olehnya. Sering digunakan untuk menjelaskan suatu masalah atau masalah kepada pihak lain agar mudah dipahami

2. Argumentatif

Argumentatif adalah sejenis analogi penjualan induktif. Tekankan fitur dan persamaan yang harus dimiliki oleh suatu benda / objek / bentuk dalam bentuk / objek / hal lain itu. asalkan fitur dan kesamaan lainnya sebagian besar merupakan milik keduanya. Analogi argumentatif atau induktif memiliki pola seperti paragraf induktif, yaitu khusus – khusus – umum.
3. Pinjaman

Pinjaman adalah sejenis paragraf analogi yang menggunakan persamaan dan perbedaan dalam kenyataan, menjadikannya satu analogi yang diutamakan dan analogi lain yang tampak dipinjam.
4. Komposisi

Komposisi adalah sejenis paragraf analogi yang digunakan untuk membuat pengaturan realitas versus pemahaman
5. Barang palsu

False adalah sejenis paragraf analogi yang membuat analogi sehingga sebuah ide tampak benar tetapi menggunakan gambar atau istilah yang tidak ada hubungannya dengan ide aslinya.
6. Pincang

Paragraf lumpuh adalah sejenis analogi yang sebenarnya merupakan analogi yang salah, namun kesalahan tersebut masih dapat diterima dan sulit untuk membuktikan kesalahannya. Jenis analogi ini sering terjadi saat membuat persamaan yang tidak akurat atau kurang akurat

Untuk membuat analogi kalimat atau paragraf yang baik, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, karena analogi mungkin tidak tepat jika:

Bertentangan atau tidak konsisten dengan bentuk aslinya atau dengan apa yang dapat diterapkan dalam tatanan linguistik dalam masyarakat tertentu
Menggeneralisasi bentuk atau benda atau benda apa pun ke aslinya (seolah-olah semuanya bisa seimbang dan seimbang).

 

LIHAT JUGA :

https://tokopediaaplikasi.id/
https://urbanescapesusa.com/
https://multiply.co.id/
https://carbomark.org/
https://finbarroreilly.com/
https://littlehorribles.com/
https://haciati.co/
https://movistarnext.com/
https://ironmanfactory.com/
https://airborn.co.id/