10 Cara Meningkatkan Daya Ingat yang Efektif Supaya Nggak

May 20, 2022 Umum

10 Cara Meningkatkan Daya Ingat yang Efektif Supaya Nggak

10 Cara Meningkatkan Daya Ingat Secara Efektif Agar Tidak Cepat Lupa

10 Cara Meningkatkan Daya Ingat yang Efektif Supaya Nggak
1. Ringkas lagi

Apakah Anda merasa materi yang diberikan oleh guru terlalu banyak? Sampai bingung bagian mana yang paling penting?

Oh, itu sangat benar.

Nah, terkadang kita tidak mengerti bagaimana mengelola informasi yang masuk ke memori kita. Untuk mengingat informasi baru yang Anda terima, cobalah untuk meringkas semua informasi menggunakan kata-kata Anda sendiri. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah memahami informasi yang didapat. Jika tidak bisa melakukan ini berarti tidak memahami materi sama sekali dan harus mengulang kembali.
2. Belajar dengan gambar

Siapa yang lebih suka membaca komik daripada novel? Hei, mengaku. Gambar lebih mudah diingat dan dipahami daripada buku teks. Visualisasi ini dapat menjadi strategi untuk mengingat informasi dengan lebih mudah.

Anda bisa memulainya dengan memvisualisasikan gambaran di benak Anda saat mendapatkan informasi. Informasi yang diterima secara visual akan lebih membekas di benak, sehingga menjadi lebih mudah untuk Anda ingat. Nggak perlu repot, cus langsung mulai belajar dengan video animasi yang seru banget di ruang belajar.
3. Pengajaran ulang

Mengajarkan kembali materi Mengajarkan kembali materi yang telah dipelajari kepada teman-teman (Sumber: Parents.com)

Saat ini, berbagai ujian akademik mengharuskan Anda untuk memahami konsep materi, tidak hanya menghafal, seperti soal HOTS. Untuk mengingat konsep, Anda harus berlatih dengan giat belajar. Salah satu cara untuk menjaga ingatan Anda tentang informasi adalah dengan mengajarkan kembali pelajaran yang sudah Anda pahami kepada teman-teman. Anda dapat membuat kelompok belajar dan bergiliran menjelaskan materi yang telah dipelajari. Pasif dalam belajar akan membuat Anda sangat sulit untuk mengingat apa yang Anda baca.
4. Tinjau, tinjau, tinjau

Masih suka belajar SKS atau sistem ngebut tadi malam? Duh, jangan dibiasakan. Menahan banyak informasi untuk diingat dalam waktu singkat adalah kebiasaan buruk. Bahan-bahan itu pasti akan hilang seketika. Kunci untuk meningkatkan ingatan yang baik adalah dengan sering meninjau atau meninjau catatan mingguan dan bahan belajar. Lakukan review berulang kali dan rasakan manfaatnya.

Baca juga: 5 Cara Belajar yang Bisa Dilakukan dalam 30 Menit!
5. Gunakan akronim untuk diingat

Tahu istilah jembatan keledai? Jembatan keledai adalah trik menghafal dan mengingat dengan menggunakan akronim atau singkatan, kata kunci, pantun, hingga gambar. Di jembatan keledai, setiap huruf mewakili sebuah kata dalam kalimat terpisah.

Misalnya, untuk menghafal tabel periodik, Anda bisa menggunakan HaLiNa Kawin Robi Cs Frustasi. Singkatan ini terdiri dari unsur H (Hidrogen), Li (Litium), Na (Sodium), K (Kalsium), Rb (Rubidium), Cs (Caesium), dan Fr (Fransium). Apakah Anda memiliki jembatan keledai Anda sendiri? Coba tulis di kolom komentar ya!
6. Lakukan permainan asah otak dengan permainan

main game puzzleMain game puzzle (Sumber: highlight.com)

Untuk meningkatkan daya ingat, otak Anda juga perlu dilatih agar kemampuannya tetap terjaga. Nah, Anda bisa mengasah otak dengan beberapa cara, seperti bermain puzzle, catur, menyelesaikan teka-teki silang, menghafal gambar, memainkan alat musik, atau membaca. Permainan ini dapat merangsang otak untuk menggunakan memori.
7. Biasakan mengatur hal-hal kecil

Sering kehilangan barang kecil? Nah, untuk menghindari kebiasaan lupa ini, coba rapikan barang-barang pribadi Anda dengan cermat. Mulailah dengan hal yang sepele, seperti membuang barang yang tidak terpakai, mengembalikan barang ke tempatnya, dan mengelompokkan barang. Dengan begitu, otak akan lebih fokus dan daya ingat tetap terjaga.
8. Mengkonsumsi nutrisi penambah otak

makanan bergizi untuk otakMakanan bergizi (Sumber: sarasotamagazine.com)

Tak hanya melakukan tips-tips untuk meningkatkan daya ingat, otak juga membutuhkan asupan makanan bergizi agar berfungsi optimal. Anda bisa memperbanyak konsumsi makanan seperti ikan, kacang-kacangan, sayuran hijau, teh hijau, dan kuning telur.
9. Berolahraga secara teratur

Olahraga teratur juga bisa menjadi cara untuk menjaga daya ingat dan konsentrasi, lho. Tidak percaya? Banyak sekali manfaat olahraga bagi kesehatan otak seperti memperlancar peredaran darah dalam tubuh, meningkatkan suplai darah ke otak, merangsang pelepasan zat-zat biokimia yang mempengaruhi kesehatan otak, mendorong perkembangan sel-sel saraf baru, dan lain sebagainya. Jadi, disarankan agar Anda melakukan olahraga ringan seperti bersepeda, jalan kaki, atau berenang selama kurang lebih 30 menit setiap hari.

Sumber :