Panduan dan Cara Membeli Saham IPO Lengkap

May 10, 2022 Umum

Panduan dan Cara Membeli Saham IPO Lengkap

Informasi cara membeli saham IPO yang benar dan aman

Panduan dan Cara Membeli Saham IPO Lengkap

Pengantar saham IPO

Sebelum melangkah lebih jauh dan membahas cara membeli saham IPO, mari kita cari tahu dulu tentang IPO itu sendiri. Seperti disebutkan sebelumnya, IPO saham adalah syarat atau kondisi di mana perusahaan pertama kali go public dengan menjual dan membeli saham perusahaannya kepada masyarakat umum.

Pendiri suatu perusahaan biasanya adalah pihak yang menjadi pemegang saham dalam suatu perusahaan. Anggota pendiri perusahaan biasanya adalah keluarga mereka sendiri, rekan kerja atau investor profesional yang berpengalaman. Dalam hal ini, publik tidak dapat menjadi bagian dari pemegang saham karena perusahaan belum membuka diri kepada publik.

Namun, suatu perusahaan dalam perkembangannya mungkin dalam keadaan membutuhkan tambahan modal dan kemudian memutuskan untuk go public sebagai solusi untuk mendapatkan modal tersebut. Ketika ini terjadi, publik dapat membeli saham IPO dan menjadi salah satu pemegang saham perusahaan. Proses jual beli saham ini umumnya melalui lembaga atau bank investasi dan juga melalui perantara yang kemudian menjualnya kembali kepada investor.
Baca Juga: Apa Itu Investasi Real Estat dan Bagaimana Memulainya
Manfaat dan Risiko Menjual IPO

Jual beli IPO dapat dilakukan oleh pihak manapun yang memiliki dana. Namun dalam praktiknya, banyak calon investor tidak mendapatkan kesempatan untuk membeli karena terbatasnya jumlah saham yang tersedia. Dalam hal ini, Anda dapat berinvestasi di reksa dana atau sarana ekuitas lainnya yang bertujuan untuk go public.

Setiap investasi saham pasti memiliki tingkat risikonya masing-masing, tidak terkecuali IPO. Penjualan perdana saham kepada masyarakat umum biasanya menimbulkan antusiasme masyarakat yang besar. Namun juga harus bijak dalam menganalisa prospek perkembangan bisnis perusahaan.

Cari tahu juga tentang kesehatan perusahaan sebelum memutuskan untuk go public. Dari sini dapat disimpulkan bahwa investasi IPO dapat menguntungkan atau merugikan. Itu semua tergantung pada perkembangan perusahaan ke depan dan juga apakah posisi keuangan internal perusahaan sehat atau tidak.
Cara membeli saham IPO yang tepat

Setelah mengetahui informasi dasar tentang IPO, kini saatnya Anda mengetahui cara membeli saham IPO yang tepat. Setidaknya ada 5 tahapan yang harus Anda lalui saat melakukan transaksi pembelian IPO. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.
1. Pendaftaran atau Masuk

Langkah pertama untuk membeli saham IPO adalah registrasi. Ini dimulai dengan mengisi alamat email, jenis investor dan juga data penting lainnya secara lengkap. Setelah semuanya berhasil diisi, Anda akan diminta untuk otentikasi, biasanya melalui email yang Anda gunakan untuk mendaftar, untuk menerima nomor OTP. Selanjutnya, Anda hanya perlu memasukkan nomor OTP dan kemudian kata sandi.
2. Verifikasi Pialang

Pada langkah selanjutnya, broker yang akan dipilih diverifikasi. Pemegang SID dapat langsung memilih Single Investor Identification atau pendaftaran SID, namun bagi yang tidak memiliki SID dapat memilih SRE atau Sub Rekening Efek. Setelah proses ini selesai, Anda dapat melanjutkan untuk memesan saham IPO. Informasi tambahan penting yang harus dilakukan adalah persiapan dana di rekening dana nasabah sebelum melakukan penyelidikan atau pemesanan.
Baca juga: 3 Perbedaan Trading dan Investasi: Mana yang Lebih Menguntungkan?
3. Kirim pesanan

Setelah berhasil memilih sekuritas yang diinginkan, login ke akun e-IPO Anda. Anda kemudian akan dibawa ke halaman yang berisi informasi tentang perusahaan yang melakukan IPO. Selanjutnya, Anda dapat memilih saham mana yang ingin Anda beli dengan mengklik menu “More Info”. Setelah itu, lanjutkan dengan memilih place order dan mengisi formulir pemesanan yang diminta. Jika semuanya sudah diisi dengan benar, klik Submit dan masukkan kode OTP.

Sumber :