Lihat laptop Huawei MateBook 14 dan 14 baru

Rate this post

Lihat laptop Huawei MateBook 14 dan 14 baru

Dua laptop Huawei baru akan diluncurkan pada 8 Desember. Teknologi seperti apa yang mereka bawa ke laptop terbaru?

Dimas Galih W – 24 November 2021

HUAWEI MateBook 14s & 14 – Perangkat pintar dengan konektivitas multi-perangkat

Seperti biasa, jelang peluncuran produk terbarunya, Huawei mengajak para jurnalis untuk melihat teknologi di balik perangkat tersebut. Kali ini akan diluncurkan dua laptop terbaru mereka yakni Huawei MateBook 14s dan MateBook 14. Kedua laptop tipis ini nantinya akan diboyong ke Indonesia dan akan diluncurkan dalam waktu dekat. Bagaimana tampilan kedua laptop tersebut?

“Huawei memahami bahwa orang-orang saat ini membutuhkan mitra serbaguna untuk mendukung produktivitas. Terutama bagi para profesional dengan banyak mobilitas dan pekerjaan. Visi Huawei dalam bisnis laptop adalah menciptakan produk terpercaya dengan kualitas dan inovasi tinggi. Kami sangat bersemangat untuk meluncurkan Huawei MateBook 14s dan 14 ke pasar Indonesia pada bulan Desember ini. Semoga dengan hadirnya produk ini dapat memberikan pengalaman yang lebih unggul dan memberikan kesempatan kepada pengguna untuk meningkatkan produktivitas,” ujar Partick Ru, Country Head Huawei CBG Indonesia.

Kedua laptop ini memiliki desain tipis hanya 16.7mm dan berat hanya 1,43kg. Layar beresolusi 2.5K (2520 x 1680) dengan rasio aspek 3:2 menggunakan kecepatan refresh 90Hz dengan 1,07 miliar warna dan gamut warna sRGB 100%. Layar Matebook 14 memiliki resolusi 2K. Untuk membuat mata lebih nyaman, Huawei juga telah mengintegrasikan fungsi perangkat keras cahaya biru rendah, yang menunjukkan warna penuh dibandingkan dengan solusi perangkat lunak.

Huawei menggunakan prosesor hingga Core i7 11370H di Matebook 14s. Untuk varian teratas, Huawei juga telah melengkapinya dengan sertifikasi EVO dari Intel. Huawei juga memiliki mode kinerja yang meningkatkan TDP menjadi 45 watt, membuat laptop ini lebih cepat dari mode normal. Untuk ini, Huawei juga menggunakan pendingin baru dengan kipas sirip hiu yang memiliki 79 baling-baling.

Dengan dimensi yang tipis, Huawei MateBook 14s juga dilengkapi dengan beberapa port yang cukup lengkap. Tentu saja, dengan Intel Core Generasi ke-11, port USB-C dengan mesin Thunderbolt 4 sudah tersedia. Laptop ini juga memiliki 4 speaker yang terdiri dari 2 bass dan 2 tweeter. Selain itu, 4 mikrofon juga tersedia di laptop ini yang dilengkapi dengan AI noise cancelling.

Baterai bawaannya berkapasitas 60 Wh, yang menurut Huawei bisa membuat MateBook 14s bertahan seumur hidup. Laptop ini dapat digunakan hingga 11 jam untuk kantor dan hingga 13 jam untuk menonton video 1080p. Untuk mengisi baterainya, Huawei menggunakan charger 65 watt melalui port USB-C yang bisa digunakan selama 15 menit selama 3 jam. Charger ini juga bisa digunakan untuk beberapa smartphone dan tablet Huawei.

Kedua laptop ini nantinya akan diluncurkan pada 8 Desember 2021. Pre-order bisa dilakukan mulai 8 hingga 17 Desember 2021. Tentu saja, Anda harus menunggu harganya saat perangkat ini meluncur ke pasaran.
Sertifikasi EVO hanya untuk Core i7

Huawei merilis MateBook 14s dengan prosesor mulai dari Core i3, i5 hingga Core i7. Namun sayangnya, sertifikasi EVO hanya didapatkan pada versi tertinggi, yaitu menggunakan Core i7. Padahal, jika melihat kebutuhan Intel, seharusnya perangkat Intel Core i5 juga bisa mendapatkan standarisasi. Apa alasannya?

Edy Supartono, Training Director Huawei CBG Indonesia, mengatakan sertifikasi EVO diperuntukkan bagi laptop premium. Tim R&D Huawei sendiri menyatakan bahwa performa puncak itu sendiri tidak datang dari sisi laptop saja, tetapi juga dari sisi prosesor. Oleh karena itu, Huawei hanya menawarkan sertifikasi EVO untuk seri tertinggi Huawei MateBook 14s, yaitu yang menggunakan Core i7.

Sumber :