Kategori
Edukasi

Habib Segaf Baharun Ungkap 3 Macam Riba yang Dapat Menghancurkan Hidup

Selamat datang Bus Bagus di Portal Ini!

Pasuruan – Pimpinan Pondok Pesantren Darullughah Wadda’wah (Dalwa) Bangil, Pasuruan, Habib Segaf Baharun membeberkan 3 jenis riba yang dapat merusak kehidupan manusia. Habib Segaf Baharun Ungkap 3 Macam Riba yang Dapat Menghancurkan Hidup

Ia mengatakan, dari ketiga jenis bunga, bunga merupakan yang pertama. Riba fadhal merupakan suatu bentuk penukaran uang dengan uang, namun ada tambahan jumlah nominalnya. Polisi: Siswa Dilarang Mengendarai Kendaraan ke Sekolah

“Contoh mudahnya sekarang adalah membeli uang baru di hari raya Idul Fitri. “Satu juta dibeli dengan 1 juta lalu ditambah 100 ribu, itu bunganya,” kata Habib Segaf dilihat di YouTube Masjid Nur Syamsiah, Kamis, 21 September 2023.

Dapat diartikan bahwa riba adalah salah satu jenis pemanfaatan hasil yang menukarkan barang yang sama, tetapi kualitas dan kuantitasnya berbeda. Hal ini, kata dia, bisa menghancurkan atau membuat hidup sengsara.

“Lalu bagaimana solusinya (menghindari riba)?” “Tukarkan saja satu juta dengan satu juta, lalu 100 ribu, katakan saja ‘ini hadiah atas jasamu’ dan selesai,” sarannya.

Maka lanjutnya, riba yang dapat merusak kehidupan adalah riba. Riba jad merupakan suatu transaksi penjualan dimana dua pihak mempunyai barang (produk) yang sama namun dalam jumlah yang tidak sama, dan penyerahan (delivery) produk tersebut ditunda oleh salah satu pihak.

“Misalnya mau beli 1 dollar seharga Rp 14 ribu, bayarnya diantar ke penjual, tapi dollarnya masih disimpan di rumah, itu riba.” “Pertama harus siapkan dolarnya, lalu bayar,” ujarnya.

Lebih lanjut Habib Segaf mengungkapkan bunga yang ketiga adalah bunga gharar atau dikenal dengan rentenir. Oktre, kata dia, merupakan yang paling berbahaya dan paling banyak terjadi di masyarakat.

“Ada masyarakat yang meminjamkan uang kepada orang lain sebesar Rp 1 juta, dengan syarat harus membayar lagi sebesar 100 ribu setiap bulannya. Misalkan ada yang pinjam uang satu juta selama 3 bulan, maka dia bayar 1,3 juta, itu riba, jelasnya dan mencontohkan.

“Kalaupun hanya 1 persen, tidak masalah, setengah persen pun tidak boleh. Sebenarnya misalnya yang kita dapat bukan uang, seperti ‘mau satu juta? Syaratnya kamu gosok saya dulu, itu ikan gharar, jelasnya. Habib Segaf Baharun Ungkap 3 Macam Riba yang Dapat Menghancurkan Hidup

Baca artikel edukasi menarik lainnya di link ini. Hari Pers Nasional, Sri Mulyani menjelaskan pentingnya peran media bagi demokrasi di NKRI. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengucapkan Hari Pers Nasional (HPN) 2024 kepada seluruh pekerja media di Indonesia. Harapan berbeda pun diungkapkan. Bus Bagus 9 Februari 2024