3 Cara Deteksi Kebocoran Pipa Air Rumah

Apr 16, 2022 Umum

3 Cara Deteksi Kebocoran Pipa Air Rumah

Deteksi kebocoran pipa air secara mandiri

3 Cara Deteksi Kebocoran Pipa Air Rumah

Ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui sebelum Anda melihat pipa air bocor di rumah. Pastikan Anda melakukan pendeteksian secara detail dan teliti.

Mintalah anggota keluarga atau teman untuk membantu Anda melalui proses verifikasi.
Menemukan kebocoran pipa air di dinding

Deteksi kebocoran pipa air di dinding

Dinding rumah yang terkena kebocoran utama air biasanya mengalami perubahan warna. Ada beberapa ciri dinding rumah yang berubah warna catnya karena terkena air secara terus menerus.

Salah satu cirinya adalah jika dinding rumah Anda berwarna putih, biasanya warnanya berubah menjadi kekuningan jika terkena air secara terus-menerus. Perubahan warna yang tampak pada permukaan dinding biasanya memiliki pola yang abstrak atau tidak beraturan.

Fungsi selanjutnya untuk mendeteksi kebocoran pipa air pada dinding adalah untuk mencari tekstur dinding yang lain. Ada beberapa karakteristik dinding yang terkena air dari pipa bocor.

Artinya, permukaan dinding menjadi lebih basah hingga dinding bergelombang dan sedikit cembung.

Selain itu, Anda juga bisa melihat pendeteksian kebocoran pipa air pada dinding dari permukaan dinding. Dinding yang rusak karena terus menerus dibasahi dengan air menyebabkan permukaan dinding menjadi lebih kasar.

Hal ini terjadi karena cat pada permukaan dinding terkelupas.

Dinding juga bisa berjamur. Hal ini bisa terjadi ketika dinding sering berada dalam kondisi lembap sehingga memicu tumbuhnya jamur.

Jamur di dinding biasanya berbentuk kumpulan bintik-bintik coklat atau hitam yang cukup padat.

Jamur yang tumbuh di dinding umumnya tidak terlihat dengan mata telanjang. Namun, ketika mengenai kulit, dapat menyebabkan masalah kesehatan kulit seperti alergi dan bahkan gatal-gatal.
Mendeteksi kebocoran pipa air di toilet

Deteksi kebocoran pipa air di kamar mandi

Anda bisa melihat kebocoran pipa air di toilet setelah mengetahui beberapa kebocoran yang umum terjadi di toilet. Salah satu masalah yang sering menyebabkan kebocoran pada toilet adalah karet seal.

Bisa jadi segel karet di toilet rumah Anda sudah sangat lama digunakan. Selain itu, karet seal yang sobek sering menjadi pemicu bocornya pipa air di toilet.

Dua contoh masalah rubber seal ini yang perlu Anda perbaiki dengan menggantinya dengan rubber seal yang baru.

Baca juga konstruksi baja, besi WF per m2
Mendeteksi kebocoran saluran air di selang fleksibel

Deteksi kebocoran pipa air di selang fleksibel

Selain itu, Anda juga dapat mendeteksi kebocoran saluran air pada selang fleksibel. Ada beberapa penyebab yang biasa terjadi pada selang fleksibel.

Salah satunya adalah selang air fleksibel yang bisa bocor jika mengenai benda keras.

Selain itu, selang fleksibel sering rusak karena tarikan yang kuat hingga sobek.

Selang fleksibel yang rusak dan retak harus diganti dengan yang baru.

Namun, Anda tidak perlu membeli selang fleksibel baru jika hal ini dapat diatasi dengan menambahkan selotip. Misalnya, jika koneksi berulir tidak direkatkan dengan baik.
Mendeteksi kebocoran pipa air di dinding/lantai

Deteksi kebocoran pipa air di tanah

Bagian tersulit dari memeriksa kebocoran pipa air adalah ketika pipa air berada di dinding/lantai. Anda tidak dapat melihat kebocoran pipa air secara langsung dan tidak ada bagian yang terlihat lembab atau basah akibat terkena air.

Penyebab utama yang sering terjadi pada kebocoran pipa air di dinding/lantai adalah lem pipa yang kurang kuat.

Sehingga lama kelamaan perekat yang diaplikasikan saat perakitan akan mengendur dan pipa air akan bocor. Dalam hal ini, Anda harus menghancurkan dinding atau menggali tanah tempat Anda menyimpan pipa air.

Selain itu, Anda bisa mengatasinya dengan membuka instalasi air minum baru. Karena biaya Anda bisa lebih tinggi jika harus membongkar dinding atau lantai.

Lakukan pemipaan baru melalui atap atau dinding rumah agar perbaikan dapat dilakukan dengan mudah.

Sumber :