bos-samsung-meninggal

Nov 09, 2021 Teknologi

Bos Samsung Meninggal Dunia, Baca Kisah Hidupnya

Bos Samsung meninggal membaca kisah hidupnya

bos-samsung-meninggal

Kabar duka datang dari Korea Selatan. Dikenal sebagai pria berhati dingin dalam mengembangkan bisnisnya, ia juga diselimuti kontroversi.

Lee Kun Hee adalah orang di balik kesuksesan Samsung Group. Perusahaan ini memiliki 62 perusahaan dan merupakan pemimpin pemikiran di balik transformasi Samsung menjadi perusahaan elektronik terkemuka.

Lee Kun Hee lahir pada 9 Januari 1942 di Daegu, 150 mil dari ibukota Korea Selatan, Seoul. Pada tahun 1938, ayahnya membangun toko kelontong berlantai empat di Daegu, yang kemudian menjadi Samsung Group.

Dia memulai transformasi Samsung menjadi pemimpin pasar pada tahun 1993 ketika dia menyatukan para eksekutif perusahaan di Jerman dan menyusun rencana bisnis, Deklarasi Frankfurt. Misinya adalah membuat produk berkualitas tinggi bahkan ketika penjualan menurun.

Menurut Deklarasi Frankfurt, Lee Kun Hee meminta karyawan untuk masuk kantor dari jam 7 pagi, bukan jam 8:30 pagi seperti sebelumnya. Tujuannya agar mereka “menyerap reformasi saat Anda tidur,” menurut buku biografi Lee Kun Hee 2005 yang disusun Bloomberg News, Senin (26/10/2020).

Pada tahun 1995, ia mengumpulkan 2.000 karyawan untuk memperbaiki 150.000 telepon seluler, mesin faks, dan produk lain yang tidak memenuhi standar kualitas mereka.

Perubahan budaya perusahaan ini membuahkan hasil. Samsung Electronics melampaui Sony dalam penjualan layar TV pada tahun 2016 dengan nilai pasar lebih dari $100 miliar.

2010 adalah tonggak lain untuk bisnis Samsung. Mereka menghadirkan smartphone merek Galaxy dengan sistem operasi Android. Keputusan ini membuahkan hasil. Pada tahun 2011, melampaui Apple sebagai smartphone terlaris selama setahun.

Pada 2012, Samsung menjadi perusahaan penjualan ponsel terbesar di dunia. Bahkan Samsung telah menciptakan ceruk baru untuk dirinya sendiri dalam bisnis ponsel dengan memperkenalkan phablet, smartphone-tablet hybrid. (afp / fnn)

Sumber :