Aplikasi Pintar Tukar Uang Bank Indonesia, Begini Cara Menggunakannya!

Rate this post

Aplikasi Pintar Tukar Uang Bank Indonesia saat ini sedang menjadi pembahasan yang cukup trending di kalangan para warganet. Hal ini terjadi karena banyak orang yang akan melakukan penukaran uang di bulan Ramadhan menjelang hari raya Idul Fitri. Kebiasaan berbagai THR menjadi penyebab banyak orang yang ingin menukarkan uang ke lembaran baru.

Hal tersebut menjadi tradisi tersendiri di Indonesia setiap lebaran sudah tiba. Bank Indonesia sebagai bank induk di Indonesia menyediakan layanan penukaran uang setiap tahunnya menjelang lebaran.

Namun, kini Bank Indonesia sudah menyediakan cara yang lebih efisien untuk kalian yang ingin menukarkan uang. Kalian dapat menukar uang dengan menggunakan aplikasi yang disediakan oleh Bank Indonesia.

Nah, pada pembahasan kali ini, akan membahas mengenai cara untuk menggunakan aplikasi Pintar Tukar Uang dari Bank Indonesia (BI). Penasaran dengan pembahasannya? Yuk, mari simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Tentang Aplikasi Pintar Tukar Uang Bank Indonesia

Bank Indonesia telah merilis sebuah aplikasi bernama aplikasi Pintar. Aplikasi ini dirilis untuk masyarakat agar lebih mudah dalam mendapatkan layanan keuang dari Bank Indonesia. Aplikasi ini sangat memudahkan masyarakat bagi yang ingin melakukan penukaran uang dan berbagai macam layanan Bank Indonesia lainnya.

Khusus penukaran uang, aplikasi Pintar ini sangat kami sarankan untuk kalian gunakan. Karena akan lebih memudahkan kalian dalam melakukan penukaran uang. Sehingga, tidak perlu antri berjam-jam untuk dapat biasa menukarkan uang di Bank Indonesia.

Lewat aplikasi ini, kalian hanya perlu melakukan penentuan lokasi, jumlah uang yang akan ditukarkan, dan ketika di Bank Indonesia cabang terdekat langsung bisa melakukan pengambilan.

Cara Menukarkan Uang Lewat Aplikasi Pintar BI

Setelah membahas sedikit mengenai aplikasi pintar tukar uang Bank Indonesia. Kini, kami akan memberikan kepada kalian mengenai langkah-langkah untuk melakukan penukaran uang melalui situs Pintar. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  1. Pertama, silahkan buka situs aplikasi Pintar di link berikut ini https://pintar.bi.go.id/
  2. Kedua, silahkan pilih menu Penukaran Uang Rupiah Melalui Kas Keliling.
  3. Selanjutnya, tentukan Provinsi tempat penukaran uang, dan klik Lihat Lokasi.
  4. Setelahnya, pilih salah satu tempat penukaran uang dari Bank Indonesia yang sudah disediakan.
  5. Lalu, isi data diri kalian baik itu NIK, nama, nomor telepon aktif, dan alamat email.
  6. Masukkan jumlah uang atau lembar yang ingin kalian tukar lewat keas keliling.
  7. Lanjut ke lakukan pemesanan, dan kalian akan mendapatkan bukti pemesanan untuk menukarkan uang.
  8. Kalian akan mendapatkan jadwal penukaran uang, lakukan penukaran uang sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.
  9. Selesai.

Begitulah cara untuk menukarkan uang lewat aplikasi Pintar Bank Indonesia. Pasti sangat mudah untuk dilakukan. Jangan lupa, jika kalian sudah mendapatkan jadwal penukaran uang, segeralah lakukan, jangan ditunda lagi. Pasalnya, kuota untuk penukaran uang terbatas setiap harinya.

Akhir Kata

Demikianlah pembahasan mengenai Aplikasi Pintar Tukar Uang Bank Indonesia. Gimana pendapat kalian mengenai hal ini? Jangan lupa komentar di bawah ya.

Sumber Dari:

https://www.parolamas.co.id/
https://padatkarya.id/