Apa-itu-dukungan-TI-Inilah-tugas-dan-keterampilan-yang-harus-dikuasai!

Apr 23, 2022 Teknologi

Apa itu dukungan TI? Inilah tugas dan keterampilan yang harus dikuasai!

Belakangan ini pekerjaan di bidang IT sedang diincar oleh para pencari kerja. Salah satunya bekerja di bidang IT support. Dunia teknologi digital yang berkembang pesat mengakibatkan banyak perusahaan membuka lowongan untuk posisi ini.

Apa itu dukungan TI? Inilah tugas dan keterampilan yang harus dikuasai!

Data statistik menunjukkan bahwa permintaan pekerjaan di sektor TI, termasuk dukungan TI, akan tumbuh sekitar 13% dari tahun 2020 hingga 2030. Ini membuktikan bahwa dukungan TI adalah profesi yang menjanjikan. Bukan hanya untuk saat ini, tapi untuk tahun-tahun mendatang.

Apa-itu-dukungan-TI-Inilah-tugas-dan-keterampilan-yang-harus-dikuasai!

Nah, kali ini kita akan membahas secara detail tentang kerja IT support. Mulai dari pemahaman, melalui tugas hingga keterampilan yang perlu dikuasai. Buat kamu yang penasaran dengan profesi ini, baca artikel di bawah ini ya.

Apa itu dukungan TI?

Dukungan TI adalah ahli yang bertanggung jawab untuk memecahkan masalah yang dihadapi pengguna. Namun, praktik itu sendiri tergantung pada industri dan produk atau layanan perusahaan.

Jadi, ketika pengguna mengalami masalah tertentu, mereka dapat menghubungi tim dukungan TI secara langsung. Hal yang sama berlaku untuk pertanyaan tentang produk atau layanan tertentu. Akibatnya, setiap masalah pengguna dapat diselesaikan dengan cepat.

Nah, seperti yang sudah disebutkan di awal, pekerjaan di bidang IT support sangat bergantung pada industri dan produk yang ditawarkan. Namun, jika ingin dikategorikan, ada lima jenis dukungan TI yang perlu Anda ketahui.

Jaringan komputer: Menginstal, mengkonfigurasi dan memelihara komputer di perusahaan.
Dukungan Desktop: Menyediakan dukungan pengguna langsung.
Kontrak Pemeliharaan Perangkat Keras: Pemeliharaan dan perbaikan perangkat keras komputer.
Aplikasi perangkat lunak vertikal: Penyediaan aplikasi perangkat lunak untuk sektor ekonomi tertentu, seperti B. Farmasi dan ritel.
Penyedia Hosting Terkelola: Memastikan situs web dan aplikasi klien aktif dan berjalan serta memberikan dukungan teknis.

Apa saja tugas TI?

Setelah mengetahui apa itu dukungan IT, Anda juga harus mengetahui dukungan IT jobdesk. Namun perlu dipahami bahwa tugas IT support berbeda-beda di setiap perusahaan. Perbedaan tugas dukungan TI juga bergantung pada banyak hal.

Jadi apa tugas TI? Berbagai tugas dukungan TI umum tercantum di bawah ini.

Ajukan pertanyaan kepada pengguna untuk mendiagnosis masalah.
Berkomunikasi dengan pengguna melalui layanan obrolan langsung.
Tanggapi dan selidiki penyalahgunaan layanan seperti spam dan phishing.
Merekomendasikan solusi untuk memecahkan masalah.
Mendidik pengguna tentang cara kerja produk atau layanan.
Instal dan konfigurasikan komponen jaringan.
pemantauan dan pemeliharaan sistem dan jaringan komputer.
Memperbaiki masalah sistem dan jaringan.
Mendukung aplikasi sesuai dengan kebutuhan pengguna.
Tambahkan pengguna ke sistem dan konfirmasi kredensial mereka.
Membangun hubungan kerja dengan pengguna akhir.

Keterampilan yang harus dikuasai untuk menjadi pendukung TI

Tanpa keterampilan, tentunya Anda tidak dapat melakukan pekerjaan pendukung TI dengan baik. Lalu apa saja yang perlu dikuasai untuk menjadi seorang IT? Berikut penjelasannya.
1. Keterampilan Teknis

Keterampilan teknis adalah keterampilan keras yang harus dimiliki oleh dukungan TI. Keahlian biasanya mencakup pemahaman yang kuat tentang bagaimana menggunakan komputer dan perangkat lunak, dan bagaimana menangani masalah yang muncul.

Namun, harus jelas bahwa kemungkinan teknis dukungan TI berbeda tergantung pada areanya. Berikut adalah beberapa contoh keterampilan teknis dukungan TI dalam spesifikasi bidang yang berbeda.

Area Jaringan Internet – Mengetahui cara menginstal dan mengoperasikan program komputer dan fungsi program komputer.
Dukungan Teknis – pemeliharaan, manajemen, dan pemecahan masalah kesalahan TI.
Support Desk Area – Analisis proses helpdesk di perusahaan.

Baca Juga: Komputer Server: Pengertian, Fitur, dan Spesifikasinya
2. Pemecahan masalah

Pemecahan masalah adalah kemampuan untuk menganalisis dan memperbaiki semua jenis masalah. Dukungan TI harus dapat dengan cepat dan tepat mengidentifikasi masalah dan menemukan solusi. Keterampilan ini dapat membantu Anda menangani masalah pengguna. Baik yang berhubungan dengan software maupun hardware.

Selain itu, Anda juga harus bisa mengevaluasi informasi yang diberikan oleh pengguna. Dengan cara ini Anda dapat menyelesaikan masalah dengan tepat. Keterampilan ini dapat meningkat dengan pengalaman yang Anda miliki.

Sebagai dukungan TI, Anda dapat menyelesaikan masalah pengguna dengan mengajukan pertanyaan berikut.

Apa masalah sebenarnya?
Kapan masalah itu terjadi?
Apakah masalahnya sporadis atau permanen?
Apa yang berubah setelah itu?

LIHAT JUGA :

jasa penulis artikel terpercaya